Friday, September 16, 2011

MENGUCAP SALAM ITU SUNNAH MENJAWAB SALAM ADALAH WAJIb



Sangat banyak dalil yang menunjukkan bahwa mengucapkan salam adalah sunnah. Diantaranya adalah, hadist:
“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam. Beliau ditanya, ‘Apa itu ya Rasulullah?’
Beliau menjawab, ‘Jika ia bertemu dengannya maka hendaklah ia mengucapkan salam kepadanya…’” (HR Muslim)
Dalil mengucapkan salam juga ditunjukkan dengan tindakan verbal Rasulullah beserta sahabat sahabatnya. Dan kepopuleran masalah ini membuat kita tidak perlu menyebutkan lagi teks (dalil).
Adapun menjawab salam adalah wajib. Kewajiban ini bersifat aini (individual) dan jika tidak dikerjakan maka ia berdosa. Dalil yang menunjukkan hal tersebut sangatlah banyak. Antara lain firman Allah:
“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya, atau balaslah penghormatan itu” (QS An Nisaa’: 86)
Ibnu Hazm, Ibnu Abdil Bar dan Syeikh Taqiyuddin menyebutkan adanya ijma’ para ulama atas kewajiban menjawab salam. Jika seseorang mengucapkan salam kepada sejumlah orang, maka apabila semuanya menjawab itu lebih baik. Namun apabila dijawab oleh salah seorang dari mereka, maka yang lain telah gugur kewajibannya dan tidak berdosa.
Ali bin Abi Thalib pernah berkata, ‘Apabila sejumlah orang berjalan, maka cukuplah salah satu saja yang mengucapkan salam. Dan apabila sejumlah orang duduk, maka cukup salah satu saja yang menjawab salam’ (HR Abu Dawud)

No comments:

Post a Comment